Grand Hyatt tower by UNStudio

Posted by Zefiansyah On Mei - 22 - 2009

Dutch architect Ben van Berkel of UNStudio has won a competition to design a tower that will house the Grand Hyatt Hotel in Frankfurt, Germany.. ....

Step Up on Fifth by Pugh + Scarpa Architects

Posted by Zefriansyah On Mei - 22 - 2009

Santa Monica practice Pugh + Scarpa Architects have completed a building to provide homes, support services and rehabilitation for homeless and mentally disabled people in Santa Monica, California.......

The Yas Hotel by Asymptote

Posted by Zefriansyah On Mei - 19 - 2009

The Yas Hotel by Asymptote architects is nearing completion in Abu Dhabi, UAE....

Penang Global City Center by Asymptote

Posted by Zefriansyah On Mei - 19 - 2009

The million square metre mixed-use development features two sixty-story towers and is part of the Malaysian government’s plans to boost economic growth in the area....

Download AutoCAD Mechanical 2010

Posted by Zefriansyah On Mei - 19 - 2009

Autodesk AutoCAD Mechanical 2010 Autodesk AutoCAD Mechanical 2010 WIN32-ISO....

Gaya Architecture Masa Depan

Posted by Zefriansyah On 6:01 PM

Ternyata dari segi desain, tidak hanya Windows Vista yang tampilannya tampak semakin unik dengan gaya yang eksklusif. Model-model arsitektur bangunan yang saat ini tengah dibangun dan sedang dirancang memperlihatkan bentuk yang hampir sama. Bila Anda lihat perbedaaanya adalah pertama pada tampilan dan pengambilan sudut yang suasananya semakin diperhalus, kedua, pada pewarnaan dan tipe adopsi bangunan yang sedang dibangun.

Tipe bangunan yang dimaksud adalah para perancang tidak lagi menggunakan desain modern dimana setiap bangunan komplit dengan berbagai fasilitas. Ditambah lagi dalam desain bangunan juga tidak selalu berteknologi tinggi. Para perancang kini tengah menampilkan sebuah arsitektur bangunan perpaduan gaya Tiongkok dan Barat yang sangat melekat dengan alam, beresiko tinggi, terbuka dan terlihat multipolarisasi. Tipe bangunana ini disebut sebagai peralihan karakterisasi yang post modern.

Penulis dan Arsitektur bangunan yang bergaya Amerika dari Van Nostrand Reinhold , New York, Paul Rudolph memaparkan ciri kenapa tipe bangunan disebut Modern adalah karena bentuknya yang terkadang selalu monoton dan tidak menampilkan sejarah.”Menurut banyak orang, hal itu tidak tampak klasik karena arsitek mengolah bentuk-bentuk geometris dengan nilai estetika, misalnya dengan menunjukkan elemen segitiga massif dan bentuk lainnya,” katanya.

Lalu apa yang membedakan dengan Post Modern? Bangunan modern sifatnya singular, seragam dan tunggal. Sedangkan bangunan post modern lebih plural, dan beranekaragam. Para arsitek menyebutnya anak dari arsitektur modern. Tipe bangunan ini sudah melepaskan diri dari aturan-aturan dan sifat karakter yang sama serta memuat koreksi terhadap kesalahan arsitektur modern. Dalam membangun arsitek memadukan seni, ilmu pengetahuan, krajinan dan teknologi.

Contoh-contoh tipe bangunan yang menuju era baru tersebut adalah The lighthouse di Dubai (Uni Emirat Arab), Khan Shatyry Entertainment Centre di Astana (Kazakistan), Stadion Bird’s Nest, Beijing Bubble Building, National Grand Theater, China Central Television (CCTV) Headquarters, dan Ren Building yang dibangun di China.

Stadion Nasional

Inspirasi banyak dibangunnya berbagai jenis bangunan arsitektur tersebut kemungkinan dipicu dengan akan diadakannya ajang Olimpiade pada 2008 nanti di China. Beberapa bangunan tersebut diprediksi akan selesai pada 2007 ini dan sudah dapat dipergunakan pada 2008 nanti.

Stadium Nasional yang rancangannya sudah dilombakan sejak 2002 lalu, kini menempati posisi sebagai bangunan terpenting. Bangunan ini diprediksi akan menjadi salah satu bangunan yang penggarapannya selesai pada akhir 2007 ini. Menurut pemerintah China bangunan yang luasnya mencapai 258 ribu meter persegi ini akan menjadi tempat berlangusngnya olimpiade yang ke 29.

Model bangunan ini sangat tidak biasa dilihat. Dari jauh, kerangka dan bagian stadion terlihat sangat jelas. Pemenang rancangan tersebut adalah arsitektur perusahaan dari Swiss, Herzog de Meuron, dengan onsultasi dari ARUP dan para desainer arsitektur dan grup penelitian China.

Bagian muka, rangka dan sekaligus body bangunan adalah berupa komponen baja yang saling diikat satu sama lain. Sesuai dengan namanya yang mirip sarang burung, setiap rangka baja yang ditanam saling menopang satu sama lain dan saling diikat. Sementara diantara ruang yang ada akan diisi dengan bahan ETFE. Total jumlah kursinya mencapai 91 ribu buah. Tetapi nanti disaat kompetisi jumlah etrsebut hanya akan disi sebanyak 80 ribu.

CCTV

Satu bangunan lagi yang akan sangat spektakuler dan baru selesai pada 2008 adalah China Central Television (CCTV). Bangunan ini adalah salah satu dari 300 bangunan yang dibangun dipusat bisnis Beijing. Dengan desain tinggi 230 meter, bangunan ini terdiri dari dua buah menara kembar.

Unik dan cukup beresikonya bangunan adalah tidak tegak lurus, akan tetapi sedikit condong dan berdiagonal dengan dihubungkan oleh bangunan bertingkat pada sisi puncaknya. Belum lagi Setiap ruang dan kamar pada setiap menara disusun seperti balok yang ditempel-tempelkan di dinding. Banyak yang mempertanyakan apakah mungkin bangunan tersebut dibangun? Namun rancangan yang dimenangkan oleh Rem Koolhaas, arsitektur metropolis tersebut diyakini dapat berdiri. Jika Anda salah satu penasaran dari puluhan bangunan yang dibangun di China, kita tunggu hingga 2008 nanti. (by zefry)

2 Response to "Gaya Architecture Masa Depan"

  1. Anonymous Said,

    Asyik banget liputan @rsitek_tour nya.. Kpn di indonesia bisa ada bangunan2 sprt itu yah... Soalnya di indo kelebihan suhu politik sihh.. Thx

     

  2. Anonymous Said,

    qlo indonesia mw kyk gtu sich gmpg asal jgn da yg korupsi aja ...
    hahahha...
    ntik suatu saat psti indo berubah kyk gtu
    di jamin asal tak ada lg korupsi...

    :D

     

Post a Comment

    Featured-video

    Facebook